Selasa, 08 Mei 2018
Update Aplikasi Persediaan Versi 18.0 (Resmi)
Juknis Instalasi Aplikasi Persediaan 18.0 Disini
Juknis Penggunaan Menu Likuidasi Kaltara_Pandeglang pada Aplikasi Persediaan 18.0 Disini
Petunjuk Teknis Instalasi serta Penggunaan Update Aplikasi Persediaan Versi 18.0
1. Dalam rangka penyusunan Laporan Keuangan
Kementerian Negara/Lembaga (LKKL) Tahun 2018, update Aplikasi Persediaan versi 18.0 wajib digunakan bersama dengan Aplikasi dan Referensi SAIBA versi 5.0 serta Aplikasi dan Referensi SIMAK-BMN versi
18.0.
2. File update berupa Update_Aplikasi_Persediaan_18.exe.
3. Sebelum
melakukan
update aplikasi, pastikan
terlebih dahulu
bahwa aplikasi dan referensi yang ter-install pada PC/laptop
adalah Aplikasi Persediaan minimal versi 17.1.
4.
Lakukan backup data sebelum melakukan update aplikasi melalui menu Utility
> Back- up/Restore > database/referensi.
5. Lakukan
instalasi
update
dengan
cara klik kanan
file aplikasi, kemudian pilih run as administrator.
6. Instalasi berhasil apabila tampilan layar aplikasi seperti gambar di bawah ini:
7.
Satker agar melakukan pengecekan atas laporan yang dihasilkan oleh aplikasi, sebelum dan setelah dilakukan update.
8. Update Aplikasi Persediaan versi 18.0 mencakup hal-hal di bawah ini:
a. Penambahan
submenu khusus likuidasi satker-satker yang mengalami perpindahan kantor bayar lingkup Kalimantan Utara dan Pandeglang
Aplikasi
Persediaan
versi 18.0 telah memfasilitasi secara
khusus pelaksanaan likuidasi bagi
satker-satker
yang mengalami
perpindahan kantor bayar
dari KPPN Tarakan ke
KPPN Tanjung Selor serta dari KPPN Serang ke KPPN Rangkasbitung.
Melalui menu ini, transaksi transfer keluar dari satker lama ke satker baru dilakukan
secara menyeluruh
dan menghasilkan jurnal
transfer
keluar, sedangkan transaksi dan jurnal transfer masuk juga terbentuk secara otomatis pada satker baru.
Ilustrasi menu transaksi Likuidasi Kaltara & Pandeglang adalah sebagai berikut:
Adapun tata
cara penggunaan menu
ini dijelaskan lebih
lanjut dalam Petunjuk Teknis Penggunaan Menu Khusus Likuidasi bagi
Satker-satker yang Mengalami
Perpindahan Kantor Bayar Lingkup Kalimantan Utara dan Pandeglang pada Aplikasi Persediaan Versi 18.0.
b.
Penambahan kolom kode satker intraco pada rekapitulasi jurnal kiriman
Aplikasi Persediaan
versi 17.1
telah
memfasilitasi satker untuk melakukan
pencetakan rekapitulasi
jurnal kiriman melalui menu Laporan > Rekapitulasi
Jurnal Kiriman. Namun, untuk transaksi transfer masuk dan transfer keluar, belum terdapat kolom yang menyajikan kode satker intraco (satker pengirim atau penerima transfer).
Pada Aplikasi Persediaan versi 18.0, telah
ditambahkan kolom pada
Daftar
Rekapitulasi Jurnal Kiriman sehingga dapat menyajikan kode satker intraco.
Contoh cetakan Daftar Rekapitulasi
Jurnal Kiriman adalah sebagai
berikut:
|
c. Perbaikan jurnal kiriman ke Aplikasi SIMAK BMN atas transaksi tahun 2018
Pada Aplikasi Persediaan
versi 17.1,
pengiriman ADK
persediaan atas transaksi
tahun 2018 ke Aplikasi SIMAK BMN menyebabkan perbedaan
saldo
persediaan antara Aplikasi Persediaan dengan Aplikasi SIMAK BMN. Hal ini
telah dilakukan
perbaikan pada Aplikasi
Persediaan versi 18.0,
sehingga saldo
persediaan
telah sesuai antara Aplikasi Persediaan dan Aplikasi SIMAK BMN.
d.
Perbaikan backup dan restore data persediaan terkait kode satker intraco
Pada Aplikasi Persediaan versi 17.1,
apabila satker memiliki transaksi transfer masuk maupun transfer
keluar
kemudian dilakukan proses
backup
dan restore
pada PC/laptop yang berbeda, maka menyebabkan kode satker intraco pada jurnal kiriman ke Aplikasi
SIMAK
BMN
menjadi
hilang. Hal
ini telah
dilakukan perbaikan
pada Aplikasi Persediaan versi 18.0, sehingga proses backup dan
restore pada PC/laptop yang
berbeda tidak
menghilangkan kode satker intraco pada jurnal
kiriman ke Aplikasi SIMAK BMN.
e. Penyesuaian menu reklasifikasi keluar dan reklasifikasi masuk untuk
semua
kode barang.
Pada Aplikasi Persediaan versi
17.1,
menu reklasifikasi
keluar
dan reklasifikasi
masuk hanya dapat digunakan untuk kode barang Persediaan untuk
Dijual/Diserahkan kepada
Masyarakat (1.01.05.01.xxx) dan
Persediaan
Dalam Proses
(1.01.09.01.xxx dan 1.01.09.99.xxx). Penyesuaian telah dilakukan pada Aplikasi Persediaan
versi 18.0,
sehingga menu reklasifikasi keluar dan reklasifikasi
masuk dapat digunakan untuk semua kode barang persediaan.
Dengan dibukanya validasi untuk semua kode barang persediaan, maka menu reklasifikasi seolah-olah
memiliki fungsi yang sama dengan menu koreksi, bahkan transaksi
yang direkam
pada kedua menu tersebut membentuk jurnal yang sama. Untuk membedakan penggunaan kedua menu ini dapat dijelaskan sebagai berikut:
1) Sesuai Aplikasi Persediaan versi sebelumnya, menu reklasifikasi keluar dan reklasifikasi masuk digunakan untuk merekam perolehan persediaan secara bertahap (melalui
perolehan persediaan dalam proses), sebagaimana dituangkan dalam petunjuk teknis
sebelumnya.
Selain
itu menu
reklasifikasi keluar berfungsi untuk menghapus barang
persediaan
yang
disebabkan oleh kesalahan
kodefikasi barang persediaan pada perekaman sebelumnya, sedangkan menu reklasifikasi masuk
berfungsi untuk mencatat perubahan transaksi barang persediaan atas kodefikasi barang persediaan yang sebelumnya telah dicatat dengan kodefikasi barang persediaan yang lain.
2) Menu koreksi tambah berfungsi untuk melakukan
koreksi terhadap transaksi persediaan yang
sudah
terkirim
ke Aplikasi SIMAK
BMN
pada periode
tahun berjalan yang salah/kurang catat berdasarkan koreksi internal maupun koreksi audit, yang akan menambah jumlah dan/atau nilai
persediaan pada
periode tahun berjalan, sedangkan menu
koreksi kurang berfungsi untuk
melakukan koreksi terhadap transaksi persediaan yang sudah terkirim ke Aplikasi SIMAK BMN periode sebelumnya yang
salah/lebih catat, yang akan
mengurangi jumlah dan/atau
nilai persediaan pada periode tahun berjalan.
Post Comment