Rabu, 11 Maret 2015

PROFIL MTsN REJOSARI



KEMENTERIAN AGAMA RI

 KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN MADIUN

MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 MADIUN

Jalan Raya Rejosari Kebonsari Telp. 0351- 367904 - Madiun 63173



PROFIL MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 MADIUN




A.      IDENTITAS MADRASAH
1.       Nama Madrasah                               : MTsN 2 Madiun
2.       Alamat                                             : Jl. Raya Rejosari – Kebonsari Kab. Madiun
3.       Desa                                                 : Rejosari
4.       Kecamatan                                       :  Kebonsari
5.       Kabupaten                                       :  Madiun
6.       Propinsi                                           : Jawa Timur
7.       Kode Pos                                         : 63173
8.       Nomor telepon                                : (0351) 367904
9.       Status Madrasah                             : Negeri
10.   Status Akriditasi                             : A (Amat Baik)
11.   Tahun berdiri Madrasah                 : 1978
12.   SK Kelembagaan Madrasah          : Nomor : KMA.16/Th.1978, Tanggal  01 Juni 1978
13.   NSM (12 digit)                              : 121135190005
14.   NPSN                                             : 20582482
15.   Nama Kepala Madrasah                : Dra. Ruwiyati Rohmah, M.Pd
16.   Status Gedung                               : Milik sendiri
17.   Status Tanah                                  : Sertifikat An. Pemerintah RI Cq. Kementerian Agama
18.   Luas Tanah                                    : 8340 m2




B.       LETAK GEOGRAFIS.


MTsN 2 Madiun terletak di Jalan Raya Rejosari, Ds. Rejosari, Kec. Kebonsari, Kab. Madiun, Provinsi Jawa Timur. tepatnya di google map  -7.7191304,111.4749134,17
 
Madrasah ini memiliki letak Geografis yang strategis, karena terletak diantara dua Kabupaten, yaitu perbatasan Kabupaten Madiun dan Kabupaten Magetan, mudah dijangkau dengan berbagai macam kendaraan, sehingga anak-anak yang berada di Desa Goranggareng Taji Kec. Nguntoronadi Kab. Magetan dan sekitar Desa Rejosari Kec. Kebonsari Kab. Madiun dapat dengan mudah menempuh perjalanan ke MTsN 2 Madiun.

Struktur Ekonomi masyarakat sekitar MTsN 2 Madiun khususnya, dan masyarakat dikedua wilayah kab. Madiun dan Kab. Magetan pada umumnya, hampir 75% menekuni bidang pertanian: mulai dari petani pemilik lahan digarap sendiri, petani penggarap lahan orang lain (sewa tanah), buruh tani terikat maupun lepas. Sedang sektor ekonomi  perdagangan  dan PNS termasuk TNI/Polri secara akumulasi berada pada hitungan 25%. MTsN Rejosari yang mempunyai image sebagai lembaga pendidikan  dengan kurikulum yang berbasis lokal, menjadi alternatif bagi komunitas strata ekonomi menengah bawah (komunitas mayoritas) tersebut.



C.      KEDUDUKAN/SEJARAH BERDIRINYA MADRASAH

Sejarah singkat
Keberadaaan MTsN 2 Madiun merupakan rangkaian panjang dari perjuangan para tokoh pendiri dan pejuang Pendidikan Agama di Desa Rejosari, menyadari akan tugas dan tanggung jawabnya untuk mengembangkan agama dan menyediakan tempat pendidikan bagi masyarakat sekitar Desa Rejosari, tokoh-tokoh tersebut antara lain :
  1. Bpk. KH. Ali Rahmat
  2. Bpk. Imam Turmudi
  3. Bpk. Matlab
  4. Bpk. K. Asyhuri
  5. Bpk. K. Sadjuri
Pada tahun 1946 para tokoh tersebut mendirikan Madrasah Ibtidaiyah/SR1 di Desa Rejosari dengan bekal tekad dan semangat yang kuat. Madrasah tersebut berdiri dan bertahan. Pada tahun 1960 didirikan Madrasah Mu’alimin yang akhirnya pada tahun 1970, berdasar SK Menteri Agama No. 176 tanggal 9 Agustus berubah menjadi PGAN. Selanjutnya sesuai dengan kebijakan Pemerintah dalam hal ini Departemen Agama, PGAN tersebut diubah menjadi MTsN untuk kelas I, II, dan III sedang MAN untuk kelas IV, V dan VI.
Berdasarkan SK Menteri Agama No. 16 tahun 1978 mulai bulan Juni 1978 berdirilah MTs. Negeri Rejosari Madiun.
Sejak resmi berubah menjadi MTsN Rejosari Madiun telah beberapa kali pergantian pimpinan, yang antara lain :
  1. Bpk. H. Jasin, BA.                                              tahun 1977 - 1990
  2. Bpk. H. Tumiran, Bc.Hk.                                 tahun 1990 – 1997
  3. Bpk. Samsuri, BA.                                             tahun 1997 - 1999
  4. Bpk. Drs. H. Djuwari                                        tahun 1999 - 2001
  5. Bpk. H. Sandi Idris, S.Ag.                                tahun 2001 - 2002
  6. Bpk. Drs. H. Basuki Rachmad                       tahun 2002 - 2003
  7. Bpk. H. Edy Djuwari, S.Ag                             tahun 2003 - 2006
  8. Bpk. Drs. Supanut                                            tahun 2006 – 2008
  9. Bpk. Drs. Edy Sumbodo, M.Pd.                  tahun 2008 – 2015
  10. Ibu.Dra.  Ruwiyati Rohmah, Mpd              tahun 2015 - sekarang



D.      STRUKTUR ORGANISASI


E.      SARANA PRASARANA
a.       Tanah dan Halaman
Keliling tanah MTsN Rejosari seluruhnya  berasal dari pemerintah seluas 550 M, sudah dipagar permanen seluar 460 M.
b.      Luas tanah/persil yang diakui madrasah menurut status pemilikan dan penggunaan :
-          Luas tanah seluruhnya                    : 8,340 M2
-          Bangunan                                        : 1,722 M2
-          Halaman/taman                               : 3,118 M2
-          Lapangan olahraga                          :    500 M2
-          Lain-lain                                          : 3,000 M2


F.       Gedung
No.
 Jenis Ruang
 Milik
 Baik
 Rusak Ringan
 Rusak Berat
 Jml
 Luas (m2)
 Jml
 Luas (m2)
 Jml
 Luas (m2)
 (1)
 (2)
 (3)
 (4)
 (5)
 (6)
 (7)
 (8)
1.
Ruang Teori/Kelas
14
840
0
0
0
0
2.
Laboratorium IPA
1
60
0
0
0
0
3.
Laboratorium Bahasa
1
60
0
0
0
0
4.
Laboratorium Komputer
1
63
0
0
0
0
5.
Ruang Perpustakaan Konvensional
1
60
0
0
0
0
6.
Ruang UKS
1
60
0
0
0
0
7.
Koperasi/Toko
1
12
0
0
0
0
8.
Ruang BP/BK
1
12
0
0
0
0
9.
Ruang Kepala Sekolah
1
20
0
0
0
0
10.
Ruang Guru
1
120
0
0
0
0
11.
Ruang TU
1
40
0
0
0
0
12.
Kamar Mandi/WC Guru Laki-laki
2
6
0
0
0
0
13.
Kamar Mandi/WC Guru Perempuan
2
6
0
0
0
0
14.
Kamar Mandi/WC Siswa Laki-laki
1
6
0
0
0
0
15.
Kamar Mandi/WC Siswa Perempuan
1
6
0
0
0
0
16.
Masjid
1
120
0
0
0
0

G.      VISI, MISI DAN TUJUAN
Visi
:
Terwujudnya manusia yang bertaqwa, beriman, berilmu mampu mengaktulisasikan diri dalam kehidupan bermasyarakat.
Misi
:
1.
Meningkatkan Madrasah sebagai lembaga pendidikan yang Islami,


2.
Meningkatkan kurikulum yang mampu memenuhi kebutuhan anak didik dan masyarakat,


3.
Meningkatkan tenaga pendidik yang professional dan memiliki kompetensi dalam bidangnya,


4.
Meningkatkan proses pembelajaran yang menghasilkan lulusan yang berkualitas.
Tujuan
:
1.        
Terwujudnya siswa menjadi seorang muslim yang taat beribadah, memiliki kepedulian sosial yang tingi,


2.        
Terciptanya peserta didik yang berilmu dan wawasan berpikir luas dan kritis,


3.        
Meningkatkan prestasi hasil belajar siswa,


4.        
Terwujudnya pegawai yang professional.



Kebijakan Madrasah
1.       Menjunjung tinggi kode etik guru dan tenaga kependidikan
2.       Menegakkan kedisiplinan di semua sector
3.       Menciptakan kultur madrasah yang islami
4.       Membenahi tata ruang yang sehat dan kondusif untuk bekerja
5.       Membentuk budaya pembelajaran yang efektif, kreatif,enak dan menyenangkan.

Implementasi Kebijakan
1.       Mewujudkan lingkungan yang bersih,asri dan agamis/religius
2.       Menciptakan keunggulan pada bidang tertentu sebagai ciri madrasah
3.       Melatih dan menerapkan ketrampilan keagamaan praktis
4.       Melaksanakan managemen berbasis madrasah

Kondisi Lingkungan yang Mendukung Madrasah

1.      Dekat jalan raya
2.      Dekat Pondok Pesantren
3.      Lingkungan fisik tenang (jauh dari kegiatan industri dan lalu lintas yang padat).
4.      Lingkungan sosial, kondusif, aman.
5.      Dekat dengan sekolah ( SD dan MI ).



H.      DATA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

a.       Data Tenaga Pendidik

No.
Nama
Pangkat/Gol.
Jabatan
1
Dra. RUWIYATI ROHMAH, M.Pd
NIP. 196808271992032002
Pembina (VI/a)
Kamad
2
Dra. CHUSNUL MUSLIHAH
NIP. 196808031996032001
Pembina (VI/a)
Guru Madya
3
SURADI S.Pd.I.
NIP. 196404081986031005
Pembina (VI/a)
Guru Madya
4
Dra. NUR SULAMAH HARIATI
NIP. 196801031997032002
Pembina (VI/a)
Guru Madya
5
DARYATUN S.Pd.
NIP. 196010231992032001
Pembina (VI/a)
Guru Madya
6
SUDARNANI S.Pd.I.
NIP. 196303011992031001
Pembina (VI/a)
Guru Madya
7
NANIEK SULISTIYANI S.Pd.
NIP. 196709091994032001
Pembina (VI/a)
Guru Madya
8
DWI RAHAYU KARWANINGSIH S.Pd.
NIP. 196611021999032001
Pembina (VI/a)
Guru Madya
8
Drs. SYAHIL
NIP. 196210192000031001
Pembina (VI/a)
Guru Madya
9
MUSTAKIM S.Pd.
NIP. 197403122005011006
Penata  (III/c)
Guru Muda
10
ASNURUL HIDAYATI S.Ag.
NIP. 197708132005012002
Penata  (III/c)
Guru Muda
11
LAILATUL ISTIROHAH S.S.
NIP. 197808052005012004
Penata  (III/c)
Guru Muda
12
RATNA JUWITA BUDI ASTUTI S.E.
NIP. 197908182005012002
Penata  (III/c)
Guru Muda
13
ANIK PUSPITOSARI S.Pd.
NIP. 197905092005012005
Penata  (III/c)
Guru Muda
14
Drs. CHUSNUL MAWAHIB
NIP. 196301032006041008
Penata  (III/c)
Guru Muda
15
TITIK ANDAYANI S.Pd.
NIP. 196709292007012034
Penata Muda Tk I (III/b)
Guru Pertama
16
Dra. WINARTI
NIP. 196811262007012016
Penata  (III/c)
Guru Muda
17
MASHUDI S.Pd.
NIP. 196909042007011049
Penata  (III/c)
Guru Muda
18
TUTIK WAHYUNINGSIH S.Pd.
NIP. 197004192007012021
Penata Muda Tk I (III/b)
Guru Pertama
19
IKA QURNIATI S.Ag.
NIP. 197007082007012024
Penata Muda Tk I (III/b)
Guru Pertama
20
EFRI ENDARWATI S.Pd.
NIP. 197604232007012014
Penata  (III/c)
Guru Muda
21
LILIK ANANINGTYAS S.Pd.
NIP. 196608282007012021
Penata  (III/c)
Guru Muda
22
AGUS  MUALIM S.Ag.
NIP. 196808202007011028
Penata Muda Tk I (III/b)
Guru Pertama
23
SAMSUL HADI S.Pd.
NIP. 197112052007101002
Penata Muda Tk I (III/b)
Guru Pertama
24
IVARISDIANA FAUZIYAH S.E.
NIP. 197902092007102005
Penata Muda Tk I (III/b)
Guru Pertama
25
ULFATUN NI’MAWATI S.Si.
NIP. 198007072007102006
Penata Muda Tk I (III/b)
Guru Pertama
26
FARAH UMAMI S.Pd.
NIP. 198102082007102003
Penata Muda Tk I (III/b)
Guru Pertama
27
MUTIK SANTOSO S.PdI.
NIP. 196508172005011002
Penata Muda Tk I (III/b)
Guru Pertama
28
EMY WIDIASTUTI S.Pd.
NIP. 197005261997032005
Pembina Tk.I (IV/b)
Guru Madya
29
MOCH. FATHONI S.Pd.
NIP. 196508121996021002
Pembina (VI/a)
Guru Madya
30
ANIK SEDIYA LESTARI, S.Kom
GTT
Guru
31
MUNIRUL IHWAN, S.Pd.
GTT
Guru
32
ABDUL AZIS, S.Pd
GTT
Guru
33
FAUZAN ARDIAN FADLI, S.Pd.I
GTT
Guru
34
AMALIA KHUSNA ROSYADA, S.Pd.
GTT
Guru

b.      Data Tenaga Kependidikan

NO
NAMA / NIP
PANGKAT / GOL
JABATAN


1
MUHARI, A.Ma
NIP. 196202011991031001
Penata Muda Tk I (III/b)
Ka. Ur. Tata Usaha

2
SITI HANIFAH, S.E.
NIP. 197605272007102002
Penata Muda Tk I (III/b)
Bendahara Pengeluaran

3
MANSUR
NIP. 198610192014121006
Pengatur Muda (II/a)
Operator SAKPA

4
ROBINGATIN
NIP. 196609082014122002
Pengatur Muda (II/a)
Pengadministrasi

5
AGUS IHWAN DAROINI
PTT
Operator

6
ANDRIAS EFENDI
PTT
Operator

7
SUKRON AZIZ ZU’AMA
PTT
Perpustakaan



c.       Daftar Petugas Security ( Satpam )

NO
NAMA / NIP
PANGKAT / GOL
JABATAN
1
KADJAR
NIP. 196407152014121003
Juru Muda (I/a)
Satpam






d.      Daftar Petugas Kebersihan

NO
NAMA / NIP
PANGKAT / GOL
JABATAN
1
DARDIRI
Petugas Kebersihan
PTT
2
NUR ARIFIN
Petugas Kebersihan
PTT
3
MARGARETA KHUSNUL HUDA
Petugas Kebersihan
PTT


I.       JUMLAH PESERTA DIDIK MULAI TAHUN 2015 S.D SEKARANG
a.       Jumlah peserta Didik dari tahun ke tahun sebagai berikut
TAHUN
KELAS VII
KELAS VIII
KELAS IX
JUMLAH
TOTAL
L
P
JML
L
P
JML
L
P
JML
2015 / 2016
117
102
219
79
76
155
88
73
161
535
2016 / 2017
92
95
187
112
100
212
77
74
151
550
2017 / 2018
89
81
170
96
92
188
112
100
213
570

b.       Rombongan Belajar Tahun Pelajaran 2015 / 2016
KELAS
TERDIRI ATAS
JUMLAH
Rombel
Rombel
Rombel
Rombel
Rombel
Rombel
Rombel

VII
30
30
28
30
26
26
-
170
VIII
30
24
28
27
29
24
26
188
IX
30
31
29
32
31
31
28
212
Jumlah
570
       







G.      


Tujuan Pendidikan
Berlandaskan visi dan misi tersebut, pendidikan madrasah diharapkan mampu menghasilkan manusia dan masyarakat bangsa indonesia yang memiliki sikap agamis, berkemampuan ilmiah amaliah, terampil dan profesional, sehingga akan senantiasa sesuai dengan tatanan kehidupan. Tujuan yang demikian ini mempersyaratkan kepedulian semua pihak, mulai dari keluarga, masyarakat, serta organisasi dan institusi. pemantapan mekanisme sistem pendidikan madrasah, yang berimplikasikan pada tuntutan kualitatif pada semua komponen pendidikan madrasah.
Tujuan kurikulum pada dasarnya adalah satu panduan menuju arah yang diinginkan oleh para penyusunnya untuk bisa dicapai oleh siswa ketika menggunakan kurikulum tersebut. Tujuan merupakan suatu garis besar pernyataan akan harapan masyarakan dan keinginan untuk pembelajaran para siswa. Biasanya, pernyataan ini adalah mengenai harapan masyarakat terhadap apa yang dapat diberikan oleh sistem pendidikan untuk para siswa.  Oleh karenanya, tujuan umum menjelaskan profil siswa yang dicapai setelah mengikuti program pendidikan di madrasah pada jenjang waktu tertentu.

Tujuan di sini  mencakup tujuan pendidikan dasar yang sudah dirumuskan dalam standar nasional, yaitu:”Meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut”.  Berdasarkan rumusan tersebut, setiap satuan pendidikan dapat mengembangkan rumusan yang lebih spesifik yang sesuai dengan karakteristik masing-masing.
Untuk mencapai standar mutu pendidikan yang dapat dipertanggungjawabkan secara nasional, kegiatan pembelajaran di  Madrasah mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan, berikut ini :
1.       Mengamalkan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan remaja
2.       Memahami kekurangan dan kelebihan diri sendiri
3.       Menunjukkan sikap  percaya diri
4.       Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungan yang lebih luas
5.       Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup nasional
6.       Mencari dan menerapkan informasi dari lingkungan sekitar dan sumber-sumber lain secara logis, kritis, dan kreatif
7.       Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif
8.       Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan potensi yang dimilikinya
9.       Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari
10.   Mendeskripsi gejala alam dan sosial
11.   Memanfaatkan lingkungan  secara bertanggung jawab
12.   Menerapkan nilai-nilai kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara demi terwujudnya persatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
13.   Menghargai  karya seni dan budaya nasional
14.   Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk berkarya
15.   Menerapkan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang
16.   Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif  dan santun
17.   Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
18.   Menghargai adanya perbedaan pendapat
19.   Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis naskah pendek sederhana
20.   Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sederhana
21.   Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan menengah
22.   Menyakini, memahami, menjalani ajaran agama islam dalam kehidupan sehari-hari serta menjadikan ajaran agama sebagai landasan prilaku dalam kehidupan sehari-hari
23.   Mampu membaca Quran secara tartil dengan tajwid
24.   Mampu memimpin do’a-do’a khusus
25.   Membiasakan mengucapkan kalimat toyyibah dalam sehidupan sehari-hari
26.   Mampu azan dan iqomah
27.   Melaksanakan shalat berjamaah dam mampu menjadi imam shalat wajib
28.   Mampu melaksanakan dan menjadi imam shalat jenazah
29.   Mampu berpidato singkat serta dapat menjadi pembawa acara pada peringatan hari besar islam dan peringatan-peringatan lainnya
30.   Khatam Quran minimal satu kali selama menjadi siswa Madrasah Tsanawiyah
31.   Mampu menghafal sekuran-kurangnya 10 (sepuluh) buah Hadits Rasululla
32.   Berbusana muslim/muslimah di rumah tangga, madrasah dan masyarakat
33.   Menghargai perbedaan pendapat dalam menjalankan ajaran agama
34.   Menunjukkan ketrampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis dalam bahasa Arab sederhana



Madiun, 8 Januari 2018

Kepala,



Dra. RUWIYATI ROHMAH, M.Pd
NIP. 196808271992032002
 





Post Comment

Desain Oleh :