Rabu, 11 Maret 2015
PROFIL MTsN REJOSARI
KEMENTERIAN AGAMA RI
KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN MADIUN
MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 MADIUN
Jalan Raya Rejosari Kebonsari Telp. 0351- 367904 - Madiun 63173
email : mtsn_rejosari@yahoo.co.id.
PROFIL MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 MADIUN
A. IDENTITAS MADRASAH
1. Nama Madrasah :
MTsN 2 Madiun
2. Alamat : Jl. Raya
Rejosari – Kebonsari Kab. Madiun
3. Desa :
Rejosari
4. Kecamatan :
Kebonsari
5. Kabupaten :
Madiun
6. Propinsi :
Jawa Timur
7. Kode Pos :
63173
8. Nomor telepon : (0351) 367904
9. Status Madrasah : Negeri
10. Status Akriditasi : A (Amat Baik)
11. Tahun berdiri Madrasah :
1978
12. SK Kelembagaan Madrasah : Nomor : KMA.16/Th.1978, Tanggal 01
Juni 1978
13. NSM (12 digit) :
121135190005
14. NPSN :
20582482
15. Nama Kepala Madrasah : Dra.
Ruwiyati Rohmah, M.Pd
16. Status Gedung : Milik sendiri
17. Status Tanah : Sertifikat An.
Pemerintah RI Cq. Kementerian Agama
18. Luas Tanah :
8340 m2
MTsN 2 Madiun terletak di
Jalan Raya Rejosari, Ds. Rejosari, Kec. Kebonsari, Kab. Madiun, Provinsi Jawa
Timur. tepatnya di google map -7.7191304,111.4749134,17
Madrasah ini memiliki letak Geografis yang strategis, karena terletak
diantara dua Kabupaten, yaitu perbatasan Kabupaten Madiun dan Kabupaten
Magetan, mudah dijangkau dengan berbagai macam kendaraan, sehingga anak-anak
yang berada di Desa Goranggareng Taji Kec. Nguntoronadi Kab. Magetan dan
sekitar Desa Rejosari Kec. Kebonsari Kab. Madiun dapat dengan mudah menempuh
perjalanan ke MTsN 2 Madiun.
Struktur Ekonomi masyarakat sekitar MTsN 2 Madiun khususnya, dan masyarakat
dikedua wilayah kab. Madiun dan Kab. Magetan pada umumnya, hampir 75% menekuni
bidang pertanian: mulai dari petani pemilik lahan digarap sendiri, petani
penggarap lahan orang lain (sewa tanah), buruh tani terikat maupun lepas.
Sedang sektor ekonomi perdagangan dan PNS termasuk TNI/Polri secara akumulasi
berada pada hitungan 25%. MTsN Rejosari yang mempunyai image sebagai lembaga
pendidikan dengan kurikulum yang
berbasis lokal, menjadi alternatif bagi komunitas strata ekonomi menengah bawah
(komunitas mayoritas) tersebut.
C.
KEDUDUKAN/SEJARAH BERDIRINYA MADRASAH
Sejarah singkat
Keberadaaan MTsN 2 Madiun merupakan rangkaian panjang dari
perjuangan para tokoh pendiri dan pejuang Pendidikan Agama di Desa Rejosari,
menyadari akan tugas dan tanggung jawabnya untuk mengembangkan agama dan
menyediakan tempat pendidikan bagi masyarakat sekitar Desa Rejosari,
tokoh-tokoh tersebut antara lain :
- Bpk. KH. Ali Rahmat
- Bpk. Imam Turmudi
- Bpk. Matlab
- Bpk. K. Asyhuri
- Bpk. K. Sadjuri
Pada tahun 1946 para tokoh tersebut mendirikan Madrasah
Ibtidaiyah/SR1 di Desa Rejosari dengan bekal tekad dan semangat yang kuat.
Madrasah tersebut berdiri dan bertahan. Pada tahun 1960 didirikan Madrasah
Mu’alimin yang akhirnya pada tahun 1970, berdasar SK Menteri Agama No. 176
tanggal 9 Agustus berubah menjadi PGAN. Selanjutnya sesuai dengan kebijakan
Pemerintah dalam hal ini Departemen Agama, PGAN tersebut diubah menjadi MTsN
untuk kelas I, II, dan III sedang MAN untuk kelas IV, V dan VI.
Berdasarkan SK Menteri Agama No. 16 tahun 1978 mulai bulan Juni
1978 berdirilah MTs. Negeri Rejosari Madiun.
Sejak resmi berubah menjadi MTsN Rejosari Madiun telah beberapa
kali pergantian pimpinan, yang antara lain :
- Bpk. H. Jasin, BA. tahun 1977 - 1990
- Bpk. H. Tumiran, Bc.Hk. tahun 1990 – 1997
- Bpk. Samsuri, BA. tahun 1997 - 1999
- Bpk. Drs. H. Djuwari tahun 1999 - 2001
- Bpk. H. Sandi Idris, S.Ag. tahun 2001 - 2002
- Bpk. Drs. H. Basuki Rachmad tahun 2002 - 2003
- Bpk. H. Edy Djuwari, S.Ag tahun 2003 - 2006
- Bpk. Drs. Supanut tahun 2006 – 2008
- Bpk. Drs. Edy Sumbodo, M.Pd. tahun 2008 – 2015
- Ibu.Dra. Ruwiyati Rohmah, Mpd tahun 2015 - sekarang
D. STRUKTUR ORGANISASI
E. SARANA PRASARANA
a.
Tanah dan Halaman
Keliling
tanah MTsN Rejosari seluruhnya berasal dari
pemerintah seluas 550 M, sudah dipagar permanen seluar 460 M.
b.
Luas tanah/persil yang diakui madrasah
menurut status pemilikan dan penggunaan :
-
Luas tanah seluruhnya : 8,340 M2
-
Bangunan : 1,722 M2
-
Halaman/taman : 3,118 M2
-
Lapangan
olahraga : 500 M2
-
Lain-lain :
3,000 M2
F.
Gedung
No.
|
Jenis
Ruang
|
Milik
|
|||||
Baik
|
Rusak
Ringan
|
Rusak
Berat
|
|||||
Jml
|
Luas
(m2)
|
Jml
|
Luas
(m2)
|
Jml
|
Luas (m2)
|
||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
1.
|
Ruang Teori/Kelas
|
14
|
840
|
0
|
0
|
0
|
0
|
2.
|
Laboratorium IPA
|
1
|
60
|
0
|
0
|
0
|
0
|
3.
|
Laboratorium Bahasa
|
1
|
60
|
0
|
0
|
0
|
0
|
4.
|
Laboratorium Komputer
|
1
|
63
|
0
|
0
|
0
|
0
|
5.
|
Ruang Perpustakaan Konvensional
|
1
|
60
|
0
|
0
|
0
|
0
|
6.
|
Ruang UKS
|
1
|
60
|
0
|
0
|
0
|
0
|
7.
|
Koperasi/Toko
|
1
|
12
|
0
|
0
|
0
|
0
|
8.
|
Ruang BP/BK
|
1
|
12
|
0
|
0
|
0
|
0
|
9.
|
Ruang Kepala Sekolah
|
1
|
20
|
0
|
0
|
0
|
0
|
10.
|
Ruang Guru
|
1
|
120
|
0
|
0
|
0
|
0
|
11.
|
Ruang TU
|
1
|
40
|
0
|
0
|
0
|
0
|
12.
|
Kamar Mandi/WC Guru Laki-laki
|
2
|
6
|
0
|
0
|
0
|
0
|
13.
|
Kamar Mandi/WC Guru Perempuan
|
2
|
6
|
0
|
0
|
0
|
0
|
14.
|
Kamar Mandi/WC Siswa Laki-laki
|
1
|
6
|
0
|
0
|
0
|
0
|
15.
|
Kamar Mandi/WC Siswa Perempuan
|
1
|
6
|
0
|
0
|
0
|
0
|
16.
|
Masjid
|
1
|
120
|
0
|
0
|
0
|
0
|
G. VISI, MISI DAN TUJUAN
Visi
|
:
|
Terwujudnya
manusia yang bertaqwa, beriman, berilmu mampu mengaktulisasikan diri dalam kehidupan
bermasyarakat.
|
|
Misi
|
:
|
1.
|
Meningkatkan Madrasah sebagai lembaga
pendidikan yang Islami,
|
|
|
2.
|
Meningkatkan
kurikulum yang mampu memenuhi kebutuhan anak didik dan masyarakat,
|
|
|
3.
|
Meningkatkan tenaga pendidik yang
professional dan memiliki kompetensi dalam bidangnya,
|
|
|
4.
|
Meningkatkan
proses pembelajaran yang menghasilkan lulusan yang berkualitas.
|
Tujuan
|
:
|
1.
|
Terwujudnya siswa menjadi seorang muslim yang taat beribadah,
memiliki kepedulian sosial yang tingi,
|
|
|
2.
|
Terciptanya peserta didik yang berilmu dan wawasan
berpikir luas dan kritis,
|
|
|
3.
|
Meningkatkan prestasi hasil belajar siswa,
|
|
|
4.
|
Terwujudnya pegawai yang professional.
|
Kebijakan Madrasah
1.
Menjunjung tinggi kode
etik guru dan tenaga kependidikan
2.
Menegakkan kedisiplinan di
semua sector
3.
Menciptakan kultur
madrasah yang islami
4.
Membenahi tata ruang yang
sehat dan kondusif untuk bekerja
5.
Membentuk budaya
pembelajaran yang efektif, kreatif,enak dan menyenangkan.
Implementasi
Kebijakan
1.
Mewujudkan lingkungan yang
bersih,asri dan agamis/religius
2.
Menciptakan keunggulan
pada bidang tertentu sebagai ciri madrasah
3.
Melatih dan menerapkan
ketrampilan keagamaan praktis
4.
Melaksanakan managemen
berbasis madrasah
Kondisi
Lingkungan yang Mendukung Madrasah
1.
Dekat jalan raya
2.
Dekat Pondok Pesantren
3.
Lingkungan fisik tenang (jauh dari kegiatan industri dan lalu lintas yang
padat).
4.
Lingkungan sosial, kondusif, aman.
5.
Dekat dengan sekolah ( SD dan MI ).
H.
DATA
PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
a. Data
Tenaga Pendidik
No.
|
Nama
|
Pangkat/Gol.
|
Jabatan
|
1
|
Dra.
RUWIYATI ROHMAH, M.Pd
NIP.
196808271992032002
|
Pembina (VI/a)
|
Kamad
|
2
|
Dra.
CHUSNUL MUSLIHAH
NIP.
196808031996032001
|
Pembina (VI/a)
|
Guru Madya
|
3
|
SURADI
S.Pd.I.
NIP.
196404081986031005
|
Pembina (VI/a)
|
Guru Madya
|
4
|
Dra.
NUR SULAMAH HARIATI
NIP.
196801031997032002
|
Pembina (VI/a)
|
Guru Madya
|
5
|
DARYATUN
S.Pd.
NIP.
196010231992032001
|
Pembina (VI/a)
|
Guru Madya
|
6
|
SUDARNANI
S.Pd.I.
NIP.
196303011992031001
|
Pembina (VI/a)
|
Guru Madya
|
7
|
NANIEK
SULISTIYANI S.Pd.
NIP.
196709091994032001
|
Pembina (VI/a)
|
Guru Madya
|
8
|
DWI
RAHAYU KARWANINGSIH S.Pd.
NIP.
196611021999032001
|
Pembina (VI/a)
|
Guru Madya
|
8
|
Drs.
SYAHIL
NIP.
196210192000031001
|
Pembina (VI/a)
|
Guru Madya
|
9
|
MUSTAKIM
S.Pd.
NIP.
197403122005011006
|
Penata (III/c)
|
Guru
Muda
|
10
|
ASNURUL
HIDAYATI S.Ag.
NIP.
197708132005012002
|
Penata (III/c)
|
Guru
Muda
|
11
|
LAILATUL
ISTIROHAH S.S.
NIP.
197808052005012004
|
Penata (III/c)
|
Guru
Muda
|
12
|
RATNA
JUWITA BUDI ASTUTI S.E.
NIP.
197908182005012002
|
Penata (III/c)
|
Guru
Muda
|
13
|
ANIK
PUSPITOSARI S.Pd.
NIP.
197905092005012005
|
Penata (III/c)
|
Guru
Muda
|
14
|
Drs.
CHUSNUL MAWAHIB
NIP.
196301032006041008
|
Penata (III/c)
|
Guru
Muda
|
15
|
TITIK
ANDAYANI S.Pd.
NIP.
196709292007012034
|
Penata Muda Tk I (III/b)
|
Guru
Pertama
|
16
|
Dra.
WINARTI
NIP.
196811262007012016
|
Penata (III/c)
|
Guru
Muda
|
17
|
MASHUDI
S.Pd.
NIP.
196909042007011049
|
Penata (III/c)
|
Guru
Muda
|
18
|
TUTIK
WAHYUNINGSIH S.Pd.
NIP.
197004192007012021
|
Penata Muda Tk I (III/b)
|
Guru
Pertama
|
19
|
IKA
QURNIATI S.Ag.
NIP.
197007082007012024
|
Penata Muda Tk I (III/b)
|
Guru
Pertama
|
20
|
EFRI
ENDARWATI S.Pd.
NIP.
197604232007012014
|
Penata (III/c)
|
Guru
Muda
|
21
|
LILIK
ANANINGTYAS S.Pd.
NIP.
196608282007012021
|
Penata (III/c)
|
Guru
Muda
|
22
|
AGUS MUALIM S.Ag.
NIP.
196808202007011028
|
Penata Muda Tk I (III/b)
|
Guru
Pertama
|
23
|
SAMSUL
HADI S.Pd.
NIP.
197112052007101002
|
Penata Muda Tk I (III/b)
|
Guru
Pertama
|
24
|
IVARISDIANA
FAUZIYAH S.E.
NIP.
197902092007102005
|
Penata Muda Tk I (III/b)
|
Guru
Pertama
|
25
|
ULFATUN
NI’MAWATI S.Si.
NIP.
198007072007102006
|
Penata Muda Tk I (III/b)
|
Guru
Pertama
|
26
|
FARAH
UMAMI S.Pd.
NIP.
198102082007102003
|
Penata Muda Tk I (III/b)
|
Guru
Pertama
|
27
|
MUTIK
SANTOSO S.PdI.
NIP.
196508172005011002
|
Penata Muda Tk I (III/b)
|
Guru
Pertama
|
28
|
EMY
WIDIASTUTI S.Pd.
NIP.
197005261997032005
|
Pembina Tk.I (IV/b)
|
Guru
Madya
|
29
|
MOCH.
FATHONI S.Pd.
NIP.
196508121996021002
|
Pembina
(VI/a)
|
Guru
Madya
|
30
|
ANIK SEDIYA LESTARI, S.Kom
|
GTT
|
Guru
|
31
|
MUNIRUL IHWAN, S.Pd.
|
GTT
|
Guru
|
32
|
ABDUL AZIS, S.Pd
|
GTT
|
Guru
|
33
|
FAUZAN ARDIAN FADLI, S.Pd.I
|
GTT
|
Guru
|
34
|
AMALIA KHUSNA ROSYADA, S.Pd.
|
GTT
|
Guru
|
b. Data
Tenaga Kependidikan
NO
|
NAMA / NIP
|
PANGKAT / GOL
|
JABATAN
|
|
1
|
MUHARI, A.Ma
NIP. 196202011991031001
|
Penata Muda Tk I (III/b)
|
Ka. Ur. Tata Usaha
|
|
2
|
SITI HANIFAH, S.E.
NIP. 197605272007102002
|
Penata Muda Tk I (III/b)
|
Bendahara Pengeluaran
|
|
3
|
MANSUR
NIP. 198610192014121006
|
Pengatur Muda (II/a)
|
Operator SAKPA
|
|
4
|
ROBINGATIN
NIP. 196609082014122002
|
Pengatur Muda (II/a)
|
Pengadministrasi
|
|
5
|
AGUS IHWAN DAROINI
|
PTT
|
Operator
|
|
6
|
ANDRIAS EFENDI
|
PTT
|
Operator
|
|
7
|
SUKRON AZIZ ZU’AMA
|
PTT
|
Perpustakaan
|
c.
Daftar Petugas Security ( Satpam )
NO
|
NAMA / NIP
|
PANGKAT / GOL
|
JABATAN
|
1
|
KADJAR
NIP. 196407152014121003
|
Juru Muda (I/a)
|
Satpam
|
|
|
|
|
d.
Daftar Petugas Kebersihan
NO
|
NAMA / NIP
|
PANGKAT / GOL
|
JABATAN
|
1
|
DARDIRI
|
Petugas Kebersihan
|
PTT
|
2
|
NUR ARIFIN
|
Petugas Kebersihan
|
PTT
|
3
|
MARGARETA KHUSNUL HUDA
|
Petugas Kebersihan
|
PTT
|
I. JUMLAH PESERTA DIDIK MULAI TAHUN 2015
S.D SEKARANG
a. Jumlah peserta
Didik dari tahun ke tahun sebagai berikut
TAHUN
|
KELAS VII
|
KELAS VIII
|
KELAS IX
|
JUMLAH
TOTAL
|
||||||
L
|
P
|
JML
|
L
|
P
|
JML
|
L
|
P
|
JML
|
||
2015 / 2016
|
117
|
102
|
219
|
79
|
76
|
155
|
88
|
73
|
161
|
535
|
2016 / 2017
|
92
|
95
|
187
|
112
|
100
|
212
|
77
|
74
|
151
|
550
|
2017 / 2018
|
89
|
81
|
170
|
96
|
92
|
188
|
112
|
100
|
213
|
570
|
b.
Rombongan
Belajar Tahun Pelajaran 2015 / 2016
KELAS
|
TERDIRI
ATAS
|
JUMLAH
|
||||||
Rombel
|
Rombel
|
Rombel
|
Rombel
|
Rombel
|
Rombel
|
Rombel
|
|
|
VII
|
30
|
30
|
28
|
30
|
26
|
26
|
-
|
170
|
VIII
|
30
|
24
|
28
|
27
|
29
|
24
|
26
|
188
|
IX
|
30
|
31
|
29
|
32
|
31
|
31
|
28
|
212
|
Jumlah
|
570
|
G.
Tujuan Pendidikan
Berlandaskan visi dan misi tersebut,
pendidikan madrasah diharapkan mampu menghasilkan manusia dan masyarakat bangsa
indonesia yang memiliki sikap agamis, berkemampuan ilmiah amaliah, terampil dan
profesional, sehingga akan senantiasa sesuai dengan tatanan kehidupan. Tujuan
yang demikian ini mempersyaratkan kepedulian semua pihak, mulai dari keluarga,
masyarakat, serta organisasi dan institusi. pemantapan mekanisme sistem pendidikan
madrasah, yang berimplikasikan pada tuntutan kualitatif pada semua komponen
pendidikan madrasah.
Tujuan kurikulum pada dasarnya adalah satu panduan menuju
arah yang diinginkan oleh para penyusunnya untuk bisa dicapai oleh siswa ketika
menggunakan kurikulum tersebut. Tujuan merupakan suatu garis besar pernyataan
akan harapan masyarakan dan keinginan untuk pembelajaran para siswa. Biasanya,
pernyataan ini adalah mengenai harapan masyarakat terhadap apa yang dapat
diberikan oleh sistem pendidikan untuk para siswa. Oleh karenanya, tujuan
umum menjelaskan profil siswa yang dicapai setelah mengikuti program pendidikan
di madrasah pada jenjang waktu tertentu.
Tujuan di sini mencakup tujuan pendidikan dasar
yang sudah dirumuskan dalam standar nasional, yaitu:”Meningkatkan
kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk
hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut”. Berdasarkan
rumusan tersebut, setiap satuan pendidikan dapat mengembangkan rumusan yang
lebih spesifik yang sesuai dengan karakteristik masing-masing.
Untuk mencapai standar mutu pendidikan yang dapat
dipertanggungjawabkan secara nasional, kegiatan pembelajaran di Madrasah
mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan, berikut ini :
1.
Mengamalkan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan
remaja
2.
Memahami kekurangan dan kelebihan diri sendiri
3.
Menunjukkan sikap percaya diri
4.
Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungan yang lebih luas
5.
Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial
ekonomi dalam lingkup nasional
6.
Mencari dan menerapkan informasi dari lingkungan sekitar dan sumber-sumber
lain secara logis, kritis, dan kreatif
7.
Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif
8.
Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan potensi yang
dimilikinya
9.
Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah dalam kehidupan
sehari-hari
10.
Mendeskripsi gejala alam dan sosial
11.
Memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab
12.
Menerapkan nilai-nilai kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara demi terwujudnya persatuan dalam Negara Kesatuan
Republik Indonesia
13.
Menghargai karya seni dan budaya nasional
14.
Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk berkarya
15.
Menerapkan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang
16.
Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun
17.
Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di
masyarakat
18.
Menghargai adanya perbedaan pendapat
19.
Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis naskah pendek sederhana
20.
Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dalam
bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sederhana
21.
Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan menengah
22.
Menyakini, memahami, menjalani ajaran agama islam dalam kehidupan
sehari-hari serta menjadikan ajaran agama sebagai landasan prilaku dalam
kehidupan sehari-hari
23.
Mampu membaca Quran secara tartil dengan tajwid
24.
Mampu memimpin do’a-do’a khusus
25.
Membiasakan mengucapkan kalimat toyyibah dalam sehidupan sehari-hari
26.
Mampu azan dan iqomah
27.
Melaksanakan shalat berjamaah dam mampu menjadi imam shalat wajib
28.
Mampu melaksanakan dan menjadi imam shalat jenazah
29.
Mampu berpidato singkat serta dapat menjadi pembawa acara pada peringatan
hari besar islam dan peringatan-peringatan lainnya
30.
Khatam Quran minimal satu kali selama menjadi siswa Madrasah Tsanawiyah
31.
Mampu menghafal sekuran-kurangnya 10 (sepuluh) buah Hadits Rasululla
32.
Berbusana muslim/muslimah di rumah tangga, madrasah dan masyarakat
33.
Menghargai perbedaan pendapat dalam menjalankan ajaran agama
34.
Menunjukkan ketrampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis dalam
bahasa Arab sederhana
Madiun, 8 Januari 2018
Kepala,
Dra. RUWIYATI ROHMAH,
M.Pd
NIP. 196808271992032002
Post Comment